After Movie Osmaru 2015 Inovasi Acara Osmaru

LPMMOTIVASI.com- Jumat malam lalu (5/09) pelataran di depan Sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS tampak dipadati ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas. Malam itu BEM UNS menghelat acara After Movie Osmaru 2015, yaitu acara nonton bareng video dokumentasi osmaru dari seluruh fakultas. Acara tersebut terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Kebanyakan dari para penonton adalah mahasiswa baru 2015 yang penasaran dengan video dokumentasi osmaru mereka.

Muhammad Yusuf Andalawi selaku ketua panitia acara After Movie Osmaru mengaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah merekatkan semua panitia osmaru fakultas dan panitia osmaru universitas serta BEM fakultas dan BEM universitas agar dapat bersama membahas aspirasi-aspirasi mahasiswa.

 Acara nonton bareng video dokumentasi osmaru semacam ini baru pertama kali digelar di UNS. Acara ini tampak mendapat antusiasme tinggi dari mahasiswa, terutama mahasiswa baru. Diana Permata Sari, salah satu mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) angkatan tahun 2015, mengaku sangat menikmati acara nonton bareng tersebut. Baginya, dengan acara menonton video dokumentasi tersebut ia bisa melihat kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh para mahasiswa baru. Namun, ia menyayangkan ketidaktepatan waktu dari pihak panitia. Ia mengaku kecewa dengan molornya waktu pelaksanaan yang seharusnya acara sudah dimulai sejak pukul 18.30, namun baru dimulai pukul 19.30. “Jam setengah tujuh harusnya sudah mulai. Tapi jam tujuhan baru mulai. Jangan terlalu malam,” paparnya.

Seorang mahasiswa angkatan 2012, Agus Wibowo, dari Fakultas Pertanian prodi Agroteknologi mengungkapkan hal yang hampir senada dengan Diana. Agus mengaku acara After Movie Osmaru 2015 ini adalah salah satu inovasi yang luar biasa. Ia mengapresiasi kegiatan BEM UNS ini karena acara seperti ini juga turut memberi apresiasi terhadap panitia osmaru di fakultas masing-masing. Dengan acara semacam ini semua bisa melihat acara osmaru di tiap-tiap fakultas. “Jadi nggak cuma orang-orang fakultas tersebut aja yang lihat video acara osmaru fakultas,” ungkapnya. Ia menambahkan bahwa inovasi-inovasi pada osmaru kali ini juga membuat mahasiswa baru bisa merasakan bahwasannya mereka adalah satu se-UNS karena ada interaksi antar fakultas. Selain itu juga penambahan acara pembuatan formasi pada saat upacara pelantikan membuat upacara pelantikan tahun ini terasa tidak hanya sekadar seremonial belaka. Namun juga dapat memunculkan rasa bangga terhadap UNS pada diri mahasiswa baru. Sedangkan bagi acara After Movie Osmaru 2015 sendiri, ia menyarankan agar kedepannya acara-acara osmaru tingkat universitas seperti ini digelar di tempat yang lebih luas dan lebih kondusif.

Terlepas dari beberapa kendala tersebut, Muhammad Yusuf Andalawi selaku ketua panitia After Movie Osmaru 2015 menyatakan bahwa osmaru adalah moment  bagi maru untuk cepat adaptasi, untuk meninggalkan jejak mereka di SMA dulu. Osmaru adalah batas SMA mereka. Ia berharap setelah osmaru mereka menjadi mahasiswa bisa belajar dan mengikuti ormawa di UNS.

Aristi_

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *