2018, PIK-R Cakra resmi jadi UKM

lpmmotivasi.com- Tahun 2018, Universitas Sebelas Maret memiliki lima Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru ditingkat Universitas, salah satunya yaitu Pusat Informasi dan Konseling Remaja Mahasiswa Cakra UNS (PIK-R Cakra). PIK-R Cakra berada dibawah naungan Badan Kependudukan Keluarga Nasional (BKKBN) dikelola oleh mahasiswa guna memberikan layanan informasi, edukasi dalam hal kesehatan reproduksi remaja dengan tidak melakukan pernikahan dini, free sex, napza, dan terhindar dari HIV/AIDS.

PIK-R Cakra UNS pertama kali dibentuk langsung oleh kepala BKKBN Republik Indonesia dibawah LPPM pada tahun 2010. Banyak prestasi yang diraih oleh UKM ini dari tingkat Universitas hingga tingkat Provinsi, hingga berhasil mewakili Jawa Tengah di tingkat Nasional. Dari hasil jerih payah yang diperolehnya sejak tahun 2010 tersebut, PIK-R Cakra berhasil menarik perhatian Wakil Rektor. “Alhamdulillah selama ini kita banyak prestasi dan sejak tahun 2010 sampai sekarang, kita selalu menang dan berhasil mewakili Jawa Tengah ditingkat Nasional. Dari situ, kita dapat perhatian khusus dari Wakil Rektor diberi tawaran bagaimana kalau menjadi UKM. Alhamdulillah tahun ini 2018 kita diresmikan langsung untuk menjadi UKM Universitas”, ujar Athok Shofiudin Ma’arif, selaku Presiden PIK-R Cakra pada Sabtu (3/2).

Terkait kendala yang dihadapi saat mengajukan menjadi UKM, Athok menuturkan bahwa kendala terdapat dari segi sarana prasarana, serta syarat minimal jumlah anggota. Ia juga menambahkan bahwa kendala lainnya adalah persiapan yang mendadak. “Waktu itu bulan November Desember kita dipanggil oleh Prof. Darsono selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan untuk mempersiapkan berkas UKM dan itu bener-bener banyak banget kayak menyiapkan AD/ART, program kerja, daftar prestasi dalam waktu singkat harus siap segalanya”, jelas Athok.

Mengenai Surat Keputusan rektor tentang pengesahan UKM baru, Athok mengatakan “Kalau SK nya, kemarin kita habis dilantik bareng-bareng dan untuk SK yang terbaru sudah diurus tetapi belum turun. Sebenarnya sudah dilantik sama pak rektor langsung”.

 

Vivi Aprilia Setyaningsih

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *